Yang canggih pun ikut jadi sederhana.

9 September 2011 0 comments

Hari Jumat, alhamdulillah nyampe juga di kota perantauan, sebut saja Berlin, hmmm …oke oke Jogja deh. Jadi tepat jam 3 subuh saya sampe di kontrakan, dan ternyata udah ada 2 orang yg sudah duluan membobol masuk ke kontrakan saya, bukaaan, mereka bukan perampok, mereka teman kontrakan saya, sebut saja “rambut ketek” sama “kodok goreng”,
nama yang aneh, bodo deh. Baru nyampe terus buka kamar, yang pertama kali diliat adalah bayangan hitam di lantai. Suasana horor, waktu itu lampu belum saya nyalain, masih shock dan g bisa teriak karna saya juga bingung musti teriak apa enggak, jadi saya pandangin terus bayangan itu, kok g ilang2 ya? Kok malah diem terus ya? Akhirnya saya beranikan mendekat, dannnn ternyata, bayangan itu adalah…..bayangan itu adalah……DEBU #antiklimaks #gubrag, haihhh kok jadi sok horor gini sih? Haha, jadi ternyata karna ditinggal hampir slama 2 bulan debu di kamar udah mirip kaya gurun pasir sahara, oke singkat cerita saya beres2 kamar, solat subuh, tidur. Tamat.

Oh ternyata belum tamat, jadi sebenernya postingan saya kali ini bukan mau ngebahas masalah kamar, debu, si rambut ketek atau kodok goreng, atau hantu, tapi lebih ke keadaan di kampus, ini tahun ajaran baru, mahasiswa baru, jelas yang bikin rame adalah ospeknya, tapi bukan ospeknya yang akan saya bahas, melainkan kebijakan kampus.

Berhubung udah hampir 2 bulan saya ninggalin Jogja, jadi pas sore harinya saya JJSGL (Jalan-Jalan Sore Gitu Looh) naek sepeda karna motor saya masih ngantri beli tiket kereta di Tasik, ada pemandangan yang bikin saya senyum2 sendiri, g tau knapa, rasany tiap kali liat MaBa (Mahasiswa Bau eh Baru) pengen aja senyum, ya udah sepanjang jalan saya senyum terus kayak orang gila naek speda, tapi sebenernya saya kagum aja liat para lulusan SMA yang baru masuk perguruan tinggi idamannya antusias banget ngejalanin ospek, pake jas almamater, pake atribut2 ospek yang memalukan, bawa tas, pake sepatu, wajah sangar, bergerombol dan kekar (ini mau ospek apa tawuran sih? #abaikan), tapi anehnya kok mereka semua rajin+niat amat kemana2 naek sepeda? Ternyata ada 1 hal yang saya lupakan dari kebijakan kampus di tahun ajaran baru ini, kalo setiap mahasiswa baru angkatan 2011 dan seterusnya itu g boleh bawa kendaraan bermotor pribadi atau umum (ya iyalah) ke kampus, jadi g boleh bawa motor, mobil, truk, bus, apalagi pesawat ke kampus, makanya alternatifnya adalah dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan, sepeda. Hal ini dilakukan karena kabar burung yang beredar, g tau burung siapa, yang bilang kalo UGM akan mulai menerapkan kebijakan “Kampus Hijau” yang akan benar2 “dihijaukan” dan bersih dari kendaraan bermotor untuk tahun 2013 di kompleks kampus, tujuannya bener2 bagus banget, yaitu peduli lingkungan dan berperan serta dalam mengatasi Global Warming. 4 thumbs up buat UGM dah, but not for KIK!

Kebiasaan dan kebijakan yang baiknya ditiru pemerintah dan kalangan masyarakat untuk bersepeda, jadi dunia bisa untung, mahasiswa bisa untung g hrus beli bensin, yang jual sepeda bisa untung, dan yang maling sepeda juga untung #lho?

Tapi g tau kenapa tiap saya liat mereka, MaBa, naek sepeda dengan setelan yang rapi lengkap dengan jas almamater kok keliatannya malah antik, berasa balik lagi ke era penjajahan dan pra kemerdekaan atau bahkan orde baru, kenapa? Karna di jaman itu masih musimnya sepeda, apalagi speda kumbang, onta, kebo, bango, harimau, gajah, kucing atau apalah namanya. Tapi dengan begitu membuat saya berfikir, ternyata teknologi jika terlalu canggih dan terlalu melampaui batas malah akan membunuh dan menghancurkan apa yg ada di sekitarnya, contohnya Global Warming, Pencemaran Lingkungan, kecelakaan kapal laut, mobil, motor, pesawat, lalu siapa korbannya? Manusia bukan? Lingkungan hidupnya bukan? 

Apakah kita lupa kalo kita pernah diajarkan untuk sederhana? Makan, minum, dan hidup sederhana? Bisa berbagi pada sesama, mencegah kecemburuan sosial yang dampaknya akan jadi sangat luas, Karna SEDERHANA itu ternyata baik, coba bayangkan teknologi yang rumit dan canggih saja sekarang dampaknya malah buruk, dan apa kita g sadar kalo sekarang ini kita seolah dipaksa lagi untuk menjadi sederhana? Teknologi yang terlalu canggih akan ada masanya untuk kembali lagi pada teknologi awal atau dasarnya, seperti layaknya jam, jarum jam akan kembali lagi ke angka 1 jika sudah melewati angka 12.

Dan UGM, layaknya sebuah peradaban yang sedang kembali lagi seperti dulu, back to nature, bike to work.

0 comments:

Posting Komentar