Mood-ik

3 September 2011 0 comments

Mudik? apa itu mudik? dulu pas waktu kecil saya sering mikir, mudik itu apa sih? ini kok rese amat orang2 tiap taun pada "riweuh" ksana kmari, macet dsb. Eh dan ternyata, makin saya dewasa, malah makin merasakan "mudik" itu sendiri, jadi sebetulnya apa sih mudik itu?

Oke, menurut mbah wiki mudik itu bisa diartikan sebagai berikut " Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Tradisi mudik hanya ada di Indonesia.". piye rek? stuju ra karo mbah wiki iki? hehe

Kalo dicoba buat dikait2in sih, emang dari dulu sampe sekarang tingkat pendidikan, perekonomian di Indonesia ini masih belum merata dan mungkin belum menyeluruh sehingga menyebabkan banyak masyarakat yang pergi merantau/kerja ke penjuru nusantara demi mewujudkan cita2nya dan masa depan yang lebih baik dan atau karena tuntutan pekerjaan, sedangkan Indonesia yang terkenal akan penduduknya yang ramah, sepertinya tidak bisa tinggal terlalu lama di kota rantau meninggalkan sanak saudara dan nenatapnya hanya sebatas dari lembaran foto saja, hal ini mungkin yang menyebabkan adanya tradisi mudik di Indonesia. 

Ada yang pro ada juga yang kontra sama tradisi ini, ada yang bilang tradisi ini berlebihan, ada pula yang bilang tradisi ini harus tetap ada, tp ya, tiap orang kan punya pandangannya masing2. Macet, pasti selalu identik dengan tradisi yang satu ini, kenapa? banyangkan saja mungkin dari 231 Juta Jiwa penduduk indonesia, setengahnya atau mungkin lebih turun ke jalan dan melakukan tradisi unik ini, mudik. Jadi ya sabar aja kalo misalnya temen2 ada yang mudik keluar kota naek kendaraan darat terus kejebak macet, pernah ada temen yang bilang "kalo mau naek mobil, harus mau macet juga, jgn ngomel2 mulu!". Mudik, kadang emang bikin Mood naek turun, kadang bagus, kadang miris, tapi biar gimanapun juga sabar ajalah, biar selama apapun kalian di jalan, pasti nyampe kok (kalo g nyasar), jadiin ladang amal aja pas dijalannya, banyak2 dzikir.

Simpel sih sebetulnya, mereka yang mudik itu pengen temu kangen sama sanak saudaranya, mempererat tali silaturahmi, pengen pulang ke kampung halaman mereka sambil bawa kabar gembira, buat keluarganya, buat "enyak-babeh"nya. Pengen kumpul bareng, ketawa bareng, cerita bareng, karena mungkin kebahagiaan yang sebenernya buat mereka adalah KELUARGA, indah bukan?

Kalo bahasa nyelenehnya sih ternyata orang Indonesia itu sebagaimanapun sombongnya mereka g lupa sama kulitnya, mereka pasti mudik. Jadi kalo ada tradisi mudik di luar negri, brarti pasti itu orang2 Indonesia, soalnya mudik ya cuma ada di Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar