Saya Vs Buku

4 September 2011 0 comments

Belakangan ini, semenjak liburan kuliah, hampir dari 1-2 bulan k belakang, saya bener2 g ada kerjaan banget d rumah, cm melek, liat kiri, liat kanan, bengong, liat kiri, liat kanan, bengong, gitu terus sampe magrib, tapi untung keingetan buat beli buku, karena ini liburan naek ke tahun ke-3 jadi kayaknya harus lebih serius lagi belajar ttg studi/buku yang nyangkut2 sama program studi yg saya ambil, istilah cupunya sih, "buku pelajaran". 


Sip dah, siang itu (siang apa malem ya? lupa) saya berangkat dengan mengerahkan sejuta tenaga menghabiskan berpuluh ribu kalori hingga akhirnya sampe d toko buku yang katanya sih tersebar di seluruh Indonesia, oke panggil saja Gramet. Karena program Studi saya masuknya ke fakultas teknik,ya jadi saya cari lah buku2 yang kira2 nyambung sama kuliah saya di rak bagian teknik | buku pelajaran?!! | iya buku pelajaran -,-',  dan ternyata nihil, yang ada cm buku tentang elektronika, mesin, struktur bangunannya sipil, sama buku ttg larutan2nya kimia., haihhh apa yang salah? Apa program studi yang saya ambil terlalu eksklusif sampe g ada di bagian rak buku2 Teknik? atau mungkin buku2 yang terkait udah abis? saking larisnya dibeli karena terlalu populer? hmm ya okelah, singkat cerita buku yang saya cari g ada.

Pulang g bawa buku? oh tentu tidak broooo, waktu itu tuh lagi booming banget tuh bukunya mbah poconggg, ya udah deh saya ambil aja sapa tau cocok trus jodoh trus nikah, lho? Ternyata semenjak itu saya jd ktagihan baca, apalagi baca saldo buku tabungan yg stagnan. G nyampe seminggu, tuh buku udah beres bin tamat saya baca, karena ketagihan saya cari lagi lah buku2 yang bisa bikin nyengir atau ketawa atau mungkin kayang, dan ini beberapa buku yang menurut saya menarik buat dimakan.

  
Karena waktu itu mungkin udah masuk musim mudik, jadi saya sekeluarga pergi k kota kembang ngejemput kakak saya yg perempuan yg baru nyampe dari Medan, beserta Suami dan anaknya, alhamdulillah mereka selamat. Tapi sebelum ngjemput mereka, babeh pengen maen dulu katanya k Gramet Bandung, "Pengen nyari pulpen yang bisa ngaji", kata babeh santai. Karena heran, ya udah brangkat. Nah disini nih enaknya kalo ke toko buku sama enyak-babeh, hemat duit, hehe, tetep yang pertama saya cari yaitu di rak buku teknik, tapi ternyata tetep aja g ada tuh buku pelajaran yang ada bau-bau tentang kota, atau memang udah jalannya kali ya? tetep bego gini? ya uwess lanjut cari2 lagi ternyata malah nemu buku kitab nagageni bin sakti yang slama ini dicari, dan ternyata masuk nya di rak buku pemerintahan, bukan teknik, baru tau ternyata Prodi yg saya ambil ini lekat banget hubungannya sama kepemerintahan, kelembagaan dan organnisasi, atau kalo dipikiran saya sih lebih ke arah PNS. Sip lah, ada beberapa buku yang saya bawa pulang. 

Semangat karena dapet hobi baru yang buat saya sendiri mungkin asing, ya udah saya baca deh tuh buku dari yang yang paling familiar (familiar covernya). 1,2,3,4........30 aneh, beda banget rasanya baca buku yang isinya cengar-cengir terus langsung baca buku yang isinya bahasa kamus, banyak istilah "keren" yang kadang2 susah buat ngertiinnya. Hampir tiap hari dibaca, lumayan ngerti sih, cuma kok ini malah jadi bete sendiri sih? Kayaknya ada 1 hal yang saya lupakan dari beberapa buku yang saya-ambil-dengan-brutal kemarin, BUKU INI TERLALU TEBALLLLLLL!!!!




Itu baru satuuu, masih ada yang lain,  woooooohhhhhhh

 
si buku tebal brutal

"de, beneran kamu baca buku kyk begituan?", kata kakak cowo saya, sebut saja Tongeng.
"iya, emng napa?" kata saya heran.
"kok bacanya kebalik?", kata Tongeng heran
"haa??" saya kayang
hening.........

di beberapa waktu yang lain juga si Tongeng kadang2 suka ngebecandain kyk gini nih,
"de, kamu baca buku yg gitu lagi?" kata Tongeng
"iya, nape?", kata saya
"bikin ngantuk tauuu!", kata Tongeng seenaknya
hening lagi.......
haiaaaahhhhh, disangkanya ini buku dongeng apa? masa ntar kalo saya punya anak, saya harus bacain anak saya pake buku  pelajaran kuliah biar bisa bobo? 

Yang jelas, saya tau 1 hal, kalo buat saya sendiri, ternyata baca buku kuliah atau yang ada hubungannya sama kuliah terus-terusan mungkin bisa bikin boring,  perlu istirahat atau mungkin rileks dulu, g semua orang sama cara belajar dan baca bukunya, dan g bisa dipaksain, kecuali kalian bener2 tertarik banget sama sesuatu yang bikin kalian "freak" sama hal itu, kalo yang begitu itu beda lagi ceritanya, tapi yang jelas mulai saat ini saya sadar kalo hidup tanpa ilmu itu rugi dan malu, dan mulai saat ini juga saya sadar, saya harus bisa jadi lebih baik. Bismillah...

Beda kepala beda pemikiran, beda pandangan, beda juga kebiasaan, segala sesuatu itu, yaitu tentang bagaimana anda melihatnnya.





0 comments:

Posting Komentar