My another hometown.

23 September 2011 0 comments

Udah masuk tahun k 3 d Jogja, ya, masih bs dbilang baru masuk d tahun k 3, ya bisa lah dibilang masuk thn k 3, kayaknya sih udh tahun k 3, pasti enak deh d tahun k 3, ya udah sih tahun k 3 aja! (Ini kok rese amat yang nulis?) dan jogja skrg bukan kota yg asing lagi buat saya, setidaknya tiap ada org yg ngomongin ttg jogja, yg langsung ada d pikiran saya "oh Jogja, iya, itu kota saya!".


G tau knapa jd keinget pas awal-awal "kenalan" sama Jogja, waktu lg jamannya test masuk ke Universitas saya skrg ini, bulak balik Tasik-Jogja ngurus ini itu, dan g bohong, kalo dulu saya seneng banget k malioboro dan tempat yg menurut saya paling aneh dan asik, gaul, trendy, tempat ngumpulnya pemuda masa kini, dulu dan nanti, itu adalah mirota batik, sedikit lebay memang, tp biarin yang penting mint!

Dulu waktu baru masuk thn pertama saya punya julukan tersendiri buat kota jJgja ini, selain kota pelajar saya menyebutnya "kota menyan", menyan? Yak, kemenyan, kenapa? Karna pas awal2 banget dateng k jJgja, sering ke malioboro dan maennya malah k mirota batik yang banyak banget ngbakar menyan hampir disetiap sudut ruangan. Baru juga mau masuk k tokonya yg nyambut bukan pegawai tokonya, tapi bau kemenyan-nya belum lagi suara gamelan+sinden khas Jogja-nya yg kadang2 bikin parno sendiri, tapi buat saya itu unik, sama kyk barang2 yg ada ddlmnya, unik, tapi sayang saya sama sekali bukan penggemar bau kemenyan.

Jadi dulu pas saya dapet kunjungan dari Tokoh ternama dr Tasik, hmmm oke oke, mereka ortu saya, saya bawa jugalah mereka k tempat ajaib itu, dan anehnya permaisuri raja (mamah) malah bilang "de, bau apa ini? Enak ya? Beli ah buat di rumah", kata permaisuri semangat, "lho mah, ini kan bau menyan!", kata saya datar dengan masang ekpresi muka "cape deehh". "Ih bukan tau, ini mah bau aromaterapi!", kata permaisuri g mau kalah. Hening, #makanmenyan #plak
Mau dibilang aromaterapi kek, atau aromaterasi kek yg jelas saya g suka, tp ternyata semakin lama saya tinggal d Jogja, semakin saya harus membiasakan diri dengan aroma itu, karna ternyata g hanya di mirota batik saja yg menyuguhkan aroma2 yg menurut saya semrawut itu. Di awal tahun k 3 ini, malioboro dan sekitarnya, istilah kerennya "downtown" nya jogja udah bukan sesuatu yg begitu "wah" lagi buat saya, karna hampir d 2 thn terakhir kawasan itu adalah kawasan survey pada beberapa matakuliah yg saya ambil, simpelnya sih bisa dibilang udah bosen, tp untuk d jogjanya sendiri, kyknya g bakal bosen, krna masih banyak tempat unik, asik, aneh yang mungkin belum saya tau. 

Malioboro untuk masyarakat pribumi (asli) ternyata dikemudian hari lebih terkenal dan seperti lebih difokuskan untuk para pendatang entah dr luar jogja atau luar negeri, org2 yg udah lama tinggal di kota malah lebih memilih tempat rekreasi atau ruang publik jauh dari pusat kota, ya bisa dibilang pusat kota Jogja udh terlalu jenuh sekarang.

Di waktu pendidikan yang singkat ini, sepertinya saya harus mengakui, saya udah terlalu sayang dengan "kota menyan" ini, malah kadang saya suka takut buat pergi jauh dlm waktu yg lama, jJgja just like my second hometown, I had another family in this town, another life.  

Tapi terlepas dr itu semua saya seneng banget bisa tinggal d kota yg kaya budaya ini, kota pelajar dengan banyak pelajaran yg bisa diambil dari tiap sudut kotanya, saat perpaduan kultur bercampur jadi satu, saling melengkapi saling berbagi, saat melihat senyum org2 pribumi asli atau pendatang di setiap jengkal jalanan kota, entah itu penarik becak, pedagang asongan, ataupun org yg sekedar lewat. Ternyata disini, ramah sudah sangat mendarah daging di kota yg terkenal dgn tugu putihnya ini.

0 comments:

Posting Komentar