Mengejar (Mimpi) Saya Sendiri.

25 Desember 2012 0 comments


Masing-masing dari kita saling mengejar mimpi, mengerjakan mimpi. Hari ini saya mengerti, mimpi orang lain belum tentu cocok dengan apa yg kita mau untuk waktu-waktu selanjutnya. Boleh jadi yang 1 mau jadi pengusaha, keluar dari zona nyamannya, begelut dengan sejuta mimpi dan inovasi. Bisa saja yang lain ingin jadi pengabdi bagi masyarakat, hidup normal seperti kebanyakan yang lain, walaupun sejatinya kehidupan yang normal itu seperti apa tidak ada standar pengukuran yang jelas mendeskripsikannya.

 Taraf sukses atau parameter kesuksesan, apakah hanya mutlak dari total saldo di tabungan bank orang per orang? Semakin tinggi digit nya semakin sukses? Kadang media terlalu pintar mencari-cari kebetulan kesuksesan orang, kebanyakan menilai dari sekedar pencapaian materi. Tapi kalau taraf kesuksesan dikembalikan lagi ke mimpi-mimpi awal? Apa begitu ceritanya? Bagaimana dengan mereka yang bermimpi mengabdi untuk Negara? Yang hidup dalam idealismenya? Bukan menyoal gaji? Misalnya ada seorang arsitek, atau bahkan planner yang punya segudang ide dan konsep yang sudah lama dibangun dalam dokumen proyek, tentang pengejawantahan mimpi-mimpi besarnya? Apa yang paling bahagia selain dengan keberhasilan dalam mewujudkan rencana-rencana yang sudah dibangunnya? Walaupun mungkin dengan gaji dan upah yang tak seberapa? 

Setiap orang memiliki motivasi untuk mendapat penghargaan (need of achievement). Tidak bisa naïf, namun tidak bisa pula memaksa untuk egois bahwa kekayaan merupakan salah satu faktor terkuatnya. Kesuksesan, bagi sebagian yang lain adalah tentang bagaimana caranya mewujudkan mimpi entah itu mimpi dari ambisi-ambisi yang kadang tak pasti, mungkin juga mimpi yang tak tau ujungnya seperti apa, entah bahagia entah menderita, ataupun mimpi-mimpi yang terlampau manis, yang tujuan akhirya sudah dapat ditebak, pasti bahagia.

Jadi mulai hari ini, mari kita tentukan sendiri seperti apa mimpi dan konsep kesuksesan yang kelak akan kita raih. 

Selamat berproses, mari berproses!! :)

(Inspired from the movie of Habibie & Ainun)

0 comments:

Posting Komentar