Saya memanggilnya, MAMAH

28 Agustus 2011 0 comments

Ibu, bunda, MAMAH, mom, momski, emak, umi, ambu, enyak, mak'nyak, nyokap, atau apalah sebutannya untuk seorang wanita yg udah sukses melahirkan kita dan berjasa besar hingga kita bisa melihat dunia ini, yak, salah satu ciptaan Yang Maha Kuasa (dunia aja udah indah, apa lagi surga? @.@) dan saya cukup memanggilnya dengan sebutan sayang, Mamah.

Satu hal yang selalu bikin saya rindu dengan suasana Tasikmalaya atau lebih khususnya Rumah yg masih terletak di pinggir jalan galunggung (iyalah masa d tengah jalan? @.@) yaitu, "Mamah". Hhehe. Dimanja? Bukan, kata2 dimanja kyknya terlalu cengeng, gimana kalo kita ganti sama kasih sayang dan cinta aja oke? Kenapa? Gpp sih, tp cb aja skrg kalian pikir, emang arti dr "dimanja" itu apa? Bukankah Rasul aja slalu memanjakan keluarganya dengan ke-romantisannya? Tapi ini kita bicara ibu euy, bukan ayah, Rasul kan contoh ayah bukan ibu? Yoi, Rasul kan contoh teladan seluruh alam coy!

Oke, balik lagi, jadi knapa mama slalu bikin sy kgn rumah? Karna buat sy sndiri, figur seorang "mamah" itu terlalu kuat untuk bisa "mengbentuk" hidup saya seperti ini, bukan berarti ayah saya (baca: papa) g ikut ngedidik, bukan, tp ya, dgn mamah lah saya paling dekat. Hehe 

Liburan puasa ini Alhamdulillah dikasi kesempatan buat puasa di kampung halaman (what? Kampung Halaman? Kampung Halaman sy d B.Lampung yang malah g ada siapa-siapa, grrr) ngepas banget soalnya sama liburan kampus yg biasanya misahin anak dan "mamah"nya dgn jarak sampe krg-lebih 275 KM-an, uwoohh. Tp gpp, saya? Survive kok, not always sih T.T

Dan ada aja cara Tuhan saya, Allah, ngasi jalan dari doa2 sya, slalu ada cara yg istimewa dan g keduga yg ditunjukin oleh-Nya, sesuatu hal yang udh lama sy pertanyakan, bikin bingung, buram dan masih g jelas, ttg apa? Woo sepertinya ini terlalu pribadi untuk dipublikasi haha (emang siapa elu dan? #dzig)

(notes: tiap doa jg insyaallah diijabah kok, cm kadang, kitanya aja yg g sadar, dan lupa sm doa kita sndiri, dan sya jg, sk gt dulu, astagfirullah)

Buat saya "mamah" itu guru dari semua cabang ilmu, dosen dr smua matakuliah. Superhero? Yak! Kalo org lain d luar sana selalu manggil sepidermen, atau super-emen, maka saya cukup punya super-mama(kok kyk acara nyanyi2 artis sama emaknya d tipi itu ya? #abaikan) 

 Selalu, ngobrol sama "mamah" sendiri itu ngbuka banyak hal yang saya anggap tabu, bikin pandangan negatif jd positif. Dari sudut pandang saya sendiri yang mungkin tadinya benci, jadi tau sisi lainnya. "Mamah" punya 1001 cerita dan cara untuk ngasih pelajaran berharga buat anaknya, pengalaman hidupnya, cerita manisnya, cerita sedihnya, biar kita bisa belajar darinya. Dan "mamah" selalu punya 1 cara pamungkas untuk bikin semangat anaknya datang lagi. Senyumnya. Allahuakbar! Love U mom!

Jadi ngertilah skrg knapa ada istilah "surga itu ada d telapak kaki ibu", knapa Rasul bilang "ibumu, ibumu, ibumu, baru ayahmu". Buat saya, "mamah" itu punya pengaruh yang penting banget dalam hidup saya, bukan cm karna deketnya, tapi karna ttg bagaimana cara beliau membentuk hidup dan ngedidik anaknya dengan semua kasih sayang dan cintanya untuk mereka, g putus, g akan berhenti. Insyaallah.

0 comments:

Posting Komentar