Pra Kata dan Kota

19 Juli 2011 0 comments

Alhamdulillah, akhirnya setelah hampir 4 tahun jauh dengan yang namanya Blog, hari ini saya mulai lagi..hehe. 
Pengennya sih redaksinya formal, tapi yah karena saya malah agak aneh dengan yang namanya bahasa formal jadi yah begini saja lah.

Jadi kenapa Blog ini dikasi nama Meine Page.? 
Hmm, karena ini adalah Blog saya, bukan minjem, numpang, ataupun yang lainnya jadi yah dikasi nama ini aja. Sengaja digabung dari 2 bahasa, Jerman sama Inggris soalnya dulu pas SMA pernah belajar B.Jerman juga cm yang paling diinget sampe sekarang cuma beberapa kata aja, salah satunya "meine" = "saya"..hehe maklum SMA masih dalam masa-masa kelam. Terus "Page.", pasti taulah artinya, kecuali kalian yang cinta banget tanah air atau budaya daerah sendiri yang sampe g mau belajar bahasa asing..hehe, oke kata Page(.) kenapa pake tanda titik(.) ? Sebenernya Page. ini salah satu project buku saya kedepannya yang lebih bicara tentang Art, Harmony, sama Photography. Nah karena bukunya sampe sekarang masih dalam proses pengerjaan, jadi saya kasih aja nama blog ini pake kata-kata itu, sekalian pengingat juga kalo lupa, hehe
Oya, dulu, duluuuuu banget pernah bikin blog, karena masih labil dikasi aja namanya "tempatgueidup.blogspot.com" tapi kok sekarang lenyap ya? ah whatever lah 

Yogyakarta, gak kerasa udah mau nginjek tahun ke 3 aja di kota rantau ini, tujuannya cuma 1 si, masa depan yang lebih baik (amin). Disini, gak sengaja kedampar di Perencanaan Wilayah dan Kota, bahasa gaholnya Urban and Regional Planning. Disiplin ilmu ini mempelajari tentang gimana semestinya sebuah kota itu, sehat, dan nyaman bagi masyarakatnya.

4 semester udah lumayan bikin saya mengerti tentang arti kota. Coba kita bikin simpel aja dari prespektif saya sendiri, "kota itu sejatinya adalah ruang, ruang yang bisa menunjang aktifitas masyarakat yang ada didalamnya". Ruang itu tempat, lahan atau semacamnya yang dimiliki oleh kota tersebut,nah ruang itu lah yang seharusnya bisa menampung dan mewadahi aktifitas masyarakatnya, baik itu sebagai tempat tinggal, kerja, rekreasi, dan lainnya, dimana satu dengan yang lainnya saling berhubungan sehingga dari sana akan tercipta kenyamanan. Nah kalo didalem kota tersebut ada sedikit saja masalah yang mengganggu aktifitas masyarakatnya maka dengan sendirinya kenyamanan akan kota tersebut akan menurun dan kalo udah begitu layak kalo kota itu kita vonis segai kota yang "sakit", karena kota tersebut udah mulai kesulitan untuk memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakatnya, sedangkan kota tercipta untuk melayani siapa saja yang ada di dalamnya.

hmmmmm.....2 tahun kebelakang ini yang selalu ada di otak kecil, besar, depan, belakang, kiri, dan kanan ini adalah "kota", kota ya? kota....kota...kota....kota...saya ulangi terus kata kota itu, terus sampe saya sendiri kehilangan maknanya.

0 comments:

Posting Komentar