Sekedar Report: Komunitas Backsilmove Ber-aksi.

10 Maret 2013 1 comments

Aksi Teatrikal
Dimulai dari Sanggar Olah Seni di Babakan Siliwangi, menempuh rute sejauh kurang lebih 2 km menuju arah Gedung Sate, komunitas “pengawal” hutan kota Babakan Siliwangi Bandung, Backsilmove, bersama dengan beberapa elemen masyarakat yang terlibat melakukan aksi long march dengan membawa bola dunia raksasa dan diakhiri dengan aksi teatrikal pantomim. Aksi ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Kota Bandung yang di inisiasi oleh para pemuda-pemudi kreatif untuk menyuarakan betapa pentingnya keberadaannya hutan kota Babakan Siliwangi untuk kelangsungan lingkungan hidup yang lebih baik di tengah arus pembangunan kota yang mulai hilang arah.

Wacana pembangunan alih fungsi kawasan yang tak kunjung menemukan titik terang, akhirnya menciptakan kegelisahan dari masyarakat demokrasi yang merasa lebih berhak mengklaim kawasan tersebut sebagai area publik yang sepantasnya dibiarkan asri dan lestari.

Aksi Teatrikal
Komunitas Backsilmove (Back to Babakan Siliwangi Movement) ini merupakan komunitas yang sepakat dengan kegelisahan masyarakat yang menolak pembangunan fungsi komersil pada kawasan tersebut. Dengan semangat berkelompok, komunitas Backsilmove ingin mengajak masyarakat kembali terlibat dalam perjuangan pembebasan Babakan Siliwangi yang sudah dideklarasikan sebagai hutan kota dunia pertama oleh PBB agar tidak tergusur dan semakin sempit. Walaupun merupakan komunitas muda, namun dalam perjalanannya, aksi yang akan dilakukan selanjutnya adalah selain dengan “pengawalan”, juga dengan melakukan kegiatan yang lebih kepada aktivasi ruang, yang mengajak masyarakat Kota Bandung untuk bisa menjadikan Baksil (Babakan Siliwangi) sebagai ruang publik yang ramai dikunjungi dan dimanfaatkan khalayak.

Penetapan kebijakan Babakan Siliwangi sebagai hutan Kota Bandung yang seharusnya tidak boleh tersentuh pembangunan merupakan sesuatu yang tidak bisa ditunda lagi, karena keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan adalah modal untuk terciptanya masa depan yang lebih baik dan manusiawi. Agar manusia tidak punah oleh ulahnya sendiri.



Komunitas Backilmove

1 comments:

Anonim mengatakan...

awan nya cantik ya :)

Posting Komentar