Report : FESTAGAMA 2012, DONE!

30 Mei 2012 0 comments



Siapa lagi yang paling pantas mendapat pujian setinggi-tingginya selain Allah Azza wa Jalla? Segala ucap syukur adalah miliknya. Alhamdulillah, dengan rahmat dan karunia serta “tangan-tangan halus-Nya” yang senantiasa memudahkan segala urusan, FESTAGAMA atau juga Festival Kota Gadjah Mada 2012, berhasil diselenggarakan dengan baik.


Juga tidak mungkin bisa dilupakan doa restu orang tua yang juga turut menyertai acara akbar ini. Kerja keras semua panitia yang terlibat juga harus diapresiasi setinggi-tingginya, karna bagaimanapun juga acara ini gak akan pernah bisa terlaksana kalau hanya dengan 1 orang saja.

FESTAGAMA yang juga merupakan rangkaian acara Golden Age, 50 tahun Jurusan Arsitektur dan Perencanaan (JUTAP), berhasil memulai acara perdanannya pada tanggal 12 Mei 2012 dengan acara Seminar City Colorful : The city for its people, di auditorium gedung pasca sarjana UGM.

Sejarah FESTAGAMA, yang notabenenya merupakan rangkaian acara serupa dengan Pasca KKP (acara tahunan di prodi PWK UGM), berhasil di transformasikan namanya menjadi Festival Kota Gadjah Mada, hal ini selain bertepatan dengan agenda 50 tahun JUTAP, juga bertujuan untuk mempropagandakan dan lebih mengenalkan program studi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM ke khalayak ramai, disamping itu juga agar masyarakat lebih mudah memahami dan peduli terhadap kotanya.

Dengan persiapan kurang lebih 6 bulan (kalo gak salah sih), akhirnya kegiatan ini bisa direalisasikan kedalam beberapa bentuk acara, yaitu, seminar nasional, exhibition, talkshow, city campaign, surat untuk Jogja, dan artikel series.

Sama seperti acara Pasca KKP pada tahun sebelumnya, content dari acara ini adalah pertanggung jawaban dalam bentuk penerapan hasil pembelajaran dari studi lapangan di Solo, Singapura, Malaysia ke beberapa wilayah/kawasan di Jogjakarta.

Dalam bentuk mempropagandakan isu-isu perkotaan, kami “memantik”nya dengan city campaign (kampanye kota) yang menyuguhkan beberapa kalimat menggelitik untuk memancing warga, khususnya kota Jogja, untuk lebih peduli dan cinta kotanya.

Puncak dari rangkaian acara adalah pameran dan talkshow  yang berhasil dilaksanakan di atrium hall Galeria Mall pada 24-25 Mei lalu. Dengan menampilkan 4 rencana kawasan yang berorientasi pada 4 tema, yaitu : Transportasi, Preservasi cagar budaya, Kota Mandiri, dan Pusat Perbelanjaan, maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh mahasiswa PWK ini, dapat tersalurkan dan mendapat apresiasi yang positif dari pengunjung. Kurang lebih 1500 pengunjung yang tercatat dalam waktu 2 hari kegiatan pameran.
Puncak pameran sendiri adalah saat penyerahan “surat untuk Jogja” kepada perwakilan instansi pemerintahan scara simbolik, maka dengan selesainya prosesi penyerahan tersebut, acara FESTAGAMA 2012 resmi ditutup.

Rasa syukur tiada terkira waktu acara ini bener-bener resmi ditutup. Semua sakit-sakit, badan remuk, mata ngantuk, pipi kempot, badan kurus, lupa makan, kurang tidur, kurang kuliah, rasanya tuntas dan puas terbayarkan. Alhamdulillah….Allahuakbar!!

Karena bagaimanapun juga,
Jogja berhati nyaman,
UGM kampus kerakyatan,
FESTAGAMA, Impian Jogja Masa depan.

Moga masih bisa ketemu dengan FESTAGAMA jilid 2 tahun depan….aminn :D

0 comments:

Posting Komentar